Survey Kepuasan Masyarakat Puskesmas Puring Triwulan 1 dan 2 Tahun 2024
Survey Kepuasan Masyarakat Puskesmas Puring Triwulan 1 dan 2 Tahun 2024
Dalam rangka memenuhi hak dan kebutuhan masyarakat dalam sektor pelayanan publik, Puskesmas Puring Kabupaten Kebumen terus berupaya meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik. Upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik yaitu dengan melakukan survei kepuasan masyarakat kepada pengguna layanan guna mengukur indeks kepuasan masyarakat. Apabila masyarakat merasa puas terhadap layanan yang disediakan Puskesmas, maka penyelenggaraan pelayanan tersebut dapat dipastikan berjalan dengan baik, efektif dan efisien.
Indeks kepuasan masyarakat sebagai hasil survei kepuasan masyarakat dalam pengguna layanan memperoleh layanan publik menjadi acuan penting dalam mendukung percepatan implementasi reformasi birokrasi khusunya area perubahan bidang pelayanan publik. Oleh karena itu, perlu diketahui indeks kepuasan masyarakat dari pengguna layanan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Puskesmas Puring Kabupaten Kebumen. Indeks kepuasan masyarakat ini dapat menginterprestasi mengenai hal-hal yang dibutuhkan oleh pengguna layanan dan menjadi acuan untuk mengevaluasi dan melakukan perbaikan penyelenggaraan pelayanan publik.
Sebagai tindak lanjut implementasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik, telah ditetapkan Peraturan Bupati Kebumen Nomor 7 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kebumen dan Keputusan Kepala Puskesmas Puring Nomor 011/KMP/KEP/2023 Tim Penanganan Keluhan Pelanggan dan Kepuasan Masyarakat guna menyusun Indeks Kepuasan Masyarakat dengan metode survei yang seragam, untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan serta meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.
Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Puskesmas Puring Kabupaten Kebumen pada Triwulan I Tahun 2024 sebesar 92,78 kategori “Sangat Baik” dan Triwulan II Tahun 2024 sebesar 92,66 kategori “Sangat Baik” sehingga rata-rata IKM Tahun 2024 (capaian sementara s.d Triwulan II) sebesar 92,72 kategori “Sangat Baik” senantiasa akan terus ditingkatkan menuju pelayanan Prima.