Indikator Nasional Mutu (INM) Puskesmas Puring Semester 1 Tahun 2024 tunjukkan Sangat Baik (A)
Indikator Nasional Mutu (INM) Puskesmas Puring Semester 1 Tahun 2024 tunjukkan Sangat Baik (A)
Pengukuran mutu Puskesmas dilaporkan melalui Indikator Nasional Mutu (INM) dan Insiden Keselamatan Pasien (IKP). Indikator Nasional Mutu Puskesmas ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 30 Tahun 2022 tentang Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Tempat Praktik Mandiri Dokter dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat, Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan, dan Unit Transfusi Darah.
Mutu Pelayanan Kesehatan adalah tingkat layanan kesehatan yang diberikan kepada individu dan masyarakat dengan tujuan memberikan layanan kesehatan yang optimal, sesuai dengan standar pelayanan, perkembangan ilmu pengetahuan, dan memenuhi hak pasien.
Apa Tujuan INM?
- Sebagai bahan evaluasi tingkat mutu pelayanan kesehatan untuk pasien di Puskesmas
- Bahan acuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas
- Meningkatkan keselamatan pasien di Puskesmas.
6 Indikator Nasional Mutu Puskesmas
Pengaturan Indikator Mutu digunakan sebagai acuan bagi pemerintah pusat, pemerintah daerah, Tempat Praktik Mandiri Dokter dan Dokter Gigi, Klinik, Puskesmas, Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan, dan UTD dalam pelaksanaan pengukuran dan evaluasi mutu pelayanan kesehatan sesuai dengan Indikator Mutu yang ditetapkan. INM Puskesma6 terdiri dari 4 indikator, yaitu:
-
KEPATUHAN KEBERSIHAN TANGAN
Tujuan dari indikator ini adalah untuk mengukur kepatuhan pemberi layanan kesehatan sebagai dasar untuk memperbaiki dan meningkatkan kepatuhan agar dapat menjamin keselamatan petugas. dan pasien/pengguna layanan dengan cara mengurangi risiko infeksi yang terkait pelayanan kesehatan.
-
KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD)
Tujuan dari Indikator ini adalah untuk mengukur kepatuhan petugas Puskesmas dalam menggunakan APD dan menjamin keselamatan petugas dan pengguna layanan dengan cara mengurangi risiko infeksi.
-
KEPATUHAN IDENTIFIKASI PASIEN
Bertujuan untuk Mengukur kepatuhan pemberi petayanan untuk melakukan Identifikasi pasien dalam melakukan tindakan pelayanan.
-
KEBERHASILAN PENGOBATAN PASIEN TUBERKULOSIS (TB) SEMUA KASUS SENSITIF OBAT (SO)
Indikator ini bertujuan untuk mengetahui jumlah keberhasilan pengobatan pasien Tuberkulosis (TB) semua kasus sensitif obat (SO) dan mengurangi angka penularan penyakit TB.
-
IBU HAMIL YANG MENDAPATKAN PELAYANAN ANTENATAL CARE (ANC) SESUAI STANDAR
Indikator ini bertujuan untuk mendorong penurunan angka kematian Ibu di Indonesia dan mendapatkan gambaran pelayanan ANC yang sesuai standar
-
KEPUASAN PASIEN
Tujuan dari Indikator ini adalah Mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai dasar upaya peningkatan mutu dan terselenggaranya pelayanan di semua unit yang mampu memberikan kepuasan pasien.